IOSH Summit 8.0 Hari Pertama: Presentasi Finalis Lomba dan City Tour

Presentasi finalis lomba poster. (LPM Erythro/Indra)

Solo, Kabar Erythro — Sabtu (05/09) telah berlangsung presentasi finalis Indonesian Occupational Safety and Health (IOSH) Summit 8.0, yang diselenggarakan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS). Ada tiga kategori lomba yang dikompetisikan pada IOSH Summit 8.0 ini, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Essay, dan Lomba Poster. Presentasi finalis dari ketiga kategori lomba tersebut berlangsung dari pukul 07.30 hingga pukul 11.40 WIB.

IOSH Summit 8.0 sendiri diikuti oleh peserta finalis dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, di antaranya: Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Politeknik Perkapalan Negeri Surakarta (PPNS), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan jumlah enam tim pada Lomba Karya Tulis Ilmiah, enam tim pada Lomba Poster, dan delapan tim pada Lomba Essay. Juri yang bertugas sebagai tim penilai pada IOSH Summit 8.0 berasal dari berbagai fakultas yang ada di UNS, di antaranya yaitu Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Tema yang diusung pada IOSH Summit 8.0 kali ini adalah “Pegoptimalan Penerapan K3 Melalui Sumber Daya Generasi Milenial dengan Pemanfaatan Aspek Digitalisasi Menuju Indonesia 4.0”. Menurut Putri Kharisma selaku ketua pelaksana, Indonesia sudah memasuki era Industri 4.0 dan sebagai mahasiswa yang berada di sektor Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) harus paham dengan pemanfaatan internet maupun digitalisasi supaya tidak ketinggalan jaman. Fokus dari peserta IOSH Summit 8.0 sendiri adalah generasi milenial.

“Keren sekali bisa bertemu dengan peserta-peserta dari perguruan tinggi lain yang karyanya keren sekali,” ungkap salah satu finalis IOSH Summit 8.0, Rizka Lailatul Rohmah. Ia berharap ke depannya karya-karya dari finalis IOSH Summit 8.0 dapat bermanfaat untuk Indonesia.

Setelah presentasi selesai, rencananya para finalis akan mengikuti city tour ke Museum Keris dan Javenir. Acara akan dilanjutkan pada hari Minggu (06/09) dengan agenda Seminar Nasional. (INDRA/RIZAL/ZAZA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.