Sambut Dies Natalis UNS ke-40, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Adakan Serangkaian Bakti Sosial

 

gambar 1. Gerakan Senam di CFD Slamet Riyadi.

gambar 1. Gerakan Senam di CFD Slamet Riyadi.

 

Perayaan tidak harus dirayakan dengan sesuatu yang meriah, megah atau dengan konser yang berbintang tamu kan artis besar Tanah Air. Menginjak LUSTRUM ke-8 kali ini, Fakultas Kedokteran UNS berniat untuk berkontribusi lebih kepada masyarakat dengan mengadakan serangkaian Bakti Sosial dengan tema “Bakti UNS untuk Masyarakat Sehat Sejahtera”.

Jika di artikel sebelumnya dibahas mengenai talkshow dan stand pameran, kali ini, kami akan membahas mengenai serangkaian acara yang lain, yang tentunya masih dalam rangkaian perayaan Dies Natalis UNS dan LUSTRUM pada tanggal 11 Maret 2016 kemarin.

Dilansir dari panitia Bakti Sosial Dies Natalis ke-40, yang melibatkan seluruh Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) dan seluruh civitas akademika FK UNS, bakti sosial yang merupakan acara dari Lustrum ke 8 ini tidak hanya dilakukan satu hari atau dua hari saja. Namun, serangkaian acara yang bermanfaat.

Serangkaian Baksos Dies Natalis dimulai pada tanggal 2 Maret dengan diadakannya ‘Pemeriksaan dan Pengobatan Lansia & Punakarya’ UNS di Ruang Sidang 4 UNS, dilanjutkan dengan Bakti Sosial Pemeriksaan Visus Mata, Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat, Donor Darah, THT, Ilmu Dalam, Talkshow dan Penyuluhan pada tanggal 12-13 Maret di The Park Mall Solo Baru, Surakarta.

Tidak hanya sampai di situ saja, pada tanggal 13 Maret 2016 kemarin, alumni FK UNS mengadakan serangkaian acara berupa baksos, festival angklung, aksi menentang LGBT, dan senam sehat untuk memperingati HUT Dies Natalis UNS ke-40/Lustrum ke-8. Berbeda dengan acara sebelumnya, kali ini kedua acara tersebut diketuai oleh Presiden BEM FK UNS yakni Abdurrahman Afa Haridi, dan acara tersebut dimaksudkan sebagai lanjutan dari rangkaian acara talkshow dan stand pameran di The Park Mall Solo Baru yang sudah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya.

Baksos

Gambar 2. Donor Darah di Lt. Ground The Park Mall Solo Baru.

gambar 2. Donor Darah diadakan di The Park Mall Solo Baru.

 

Baksos kemarin adalah baksos pertama yang diadakan oleh Keluarga Besar Fakultas Kedokteran UNS yang merupakan acara baksos terbesar karena mengundang seluruh UKM yang terdapat di FK UNS. Acara dari baksos yang diadakan di The Park kemarin, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berupa: pemeriksaan mata, THT, donor darah, pemeriksaan penyakit dalam, dan GCU (Glukosa, asam urat, dan tekanan darah). Dan semua pemeriksaan tersebut tidak dipungut biaya sepeserpun.

 

Festival angklung

gambar 3. Festival Angklung oleh Alumni FK UNS.

gambar 3. Festival Angklung oleh Alumni FK UNS.

Selain itu, pada tanggal 13 Maret 2016 pun diadakan festival angklung yang diadakan di depan hotel Novotel Solo, yang dihadiri oleh para alumni FK, para alumni kembali ke Solo untuk memperingati Dies Natalis kampus tercintanya, UNS.

 

Mengapa festival angklung?

Gambar 4. Festival Angklung diadakan di depan hotel Novotel, Surakarta.

gambar 4. Festival Angklung di depan hotel Novotel, Surakarta.

Karena dengan adanya mahasiswa dan alumni yang bermain angklung, diharapkan masyarakat sekitar dan khususnya mahasiswa UNS agar dapat lebih mencintai kebudayaan dan kesenian Indonesia.

 

Setelah bermain angklung, mahasiswa, anggota BEM, dan para alumni turun ke jalan CFD Slamet Riyadi untuk menyuarakan suaranya akan LGBT, yakni menentang keras terhadap adanya LGBT yang saat ini sedang marak terjadi di Indonesia. Para mahasiswa menentang adanya LGBT dan mendukung adanya hubungan normal yang terjadi antara wanita dan pria. Selain pertentangan LGBT, mereka pun menyelenggarakan aksi anti narkoba.
“Intinya, kita mendukung segala sesuatu yang dilandasi dengan cinta yang normal, sehat, sesuai dengan moral dan tentu cinta akan budaya Indonesia” ungkap Abdurrahman selaku Presiden BEM FK UNS 2016.

Setelah menjalankan aksi, dilakukan senam sehat yang diadakan di tempat yang sama yakni CFD Jl. Slamet Riyadi, Surakarta. Agar generasi muda Indonesia bukan hanya memiliki moral yang sehat, tetapi juga fisik yang kuat.

Setelah ini, masih akan ada lagi serangkaian acara baksos antara lain Pengobatan Gratis, Pemeriksaan Visus Mata, THT, Operasi Bedah Minor, Donor Darah dan Khitan Massal pada tanggal 5-6 Mei 2016 di Rumah Sakit UNS, Pabelan, Konsultasi dan USG Gratis Ibu Hamil pada tanggal 8 Mei 2016 masih di tempat yang sama, di Rumah Sakit UNS, Pabelan dan yang terakhir, akan diadakannya Operasi Katarak Massal pada tanggal 29 Mei 2016 di tempat yang sama juga yaitu Rumah Sakit UNS, Pabelan.

Dengan adanya serangkaian Bakti Sosial Dies Natalis UNS ke-40/Lustrum ke 8 ini, diharapkan UNS dapat memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi, Budaya Kerja “ACTIVE” dan yang utamanya dapat memberikan bakti kepada masyarakat dalam bidang kesehatan serta diharapkan dapat menjalin rasa persaudaraan antar civitas akademika Fakultas Kedokteran UNS.

 

 

 

/Tridi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *