Spectrum Hari Keempat: Carbonite Jadi Nama Angkatan Fakultas Kedokteran UNS 2019

Solo, Kabar Erythro – Jumat (16/08) telah berlangsung Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Spectrum hari keempat. Pada hari keempat, acara berfokus untuk mengenalkan mahasiswa baru terhadap program studi (prodi) masing-masing.

Acara keprodian ini diselenggarakan di berbagai tempat, antara lain prodi Kedokteran bertempat di Auditorium FK, D3 Kebidanan di RK 1 Gedung C, D4 Kebidanan di RK 2 Gedung C, D4 K3 di RK 1 Gedung A, dan Psikologi di RK 3 Gedung A.

Materi pertama yaitu materi keprodian yang menjelaskan seputar skripsi atau tugas akhir disampaikan oleh kepala prodi (kaprodi) masing-masing. Selanjutnya adalah penyampaian materi himpunan, yaitu pengenalan himpunan dari masing-masing prodi di FK UNS yang menjelaskan terkait struktur dari himpunan tersebut. Dilanjutkan dengan pemilihan koordinator tingkat (koti) oleh masing-masing prodi. Tugas dari koti sendiri ialah sebagai koordinator antara kakak tingkat dan adik tingkat, agar mempermudah penyampaian informasi. Setelah acara keprodian selesai, mahasiswa baru kembali ke auditorium untuk pemilihan nama angkatan. Berdasarkan musyawarah oleh seluruh mahasiswa baru FK UNS 2019 yang difasilitasi oleh panitia, telah ditetapkan nama angkatan untuk mahasiswa FK UNS 2019 yaitu Carbonit yang merupakan singkatan dari Carbon-Infinite. Makna dari Carbonite sendiri yaitu harapan agar angkatan 2019 dapat menjadi angkatan yang kompak dan memiliki rasa kepekaan tinggi serta mengaminkan keberhasilan dalam setiap unsur di dalamnya.

Acara selanjutnya beralih ke PKKMB Universitas yaitu Expo Ormawa tingkat universitas. Pada expo kali ini menampilkan video ormawa-ormawa dari berbagai bidang seperti keagamaan, olahraga, bela diri, dan juga kesenian. Expo ini bertujuan untuk mengenalkan ormawa kepada mahasiswa baru sehingga mahasiswa baru dapat menyalurkan minat dan bakatnya.

Spectrum hari keempat ditutup dengan sambutan dari panitia untuk mahasiswa baru FK UNS diiringi dengan lagu Mars Mahasiswa yang kemudian menyorakkan yel-yel bersama-sama.

Menurut Verren Nadhifa selaku ketua Spectrum 2019, pada PKKMB kali ini menekanan usaha terhadap pengembangan nilai-nilai yang akan dibawa saat ospek. Adapun kesulitan dari ospek tersendiri adalah bukan terhadap teknisnya, melainkan penerapan nilai-nilainya. Selain itu, tujuan dari visi misi program oleh ketua Spectrum 2019 telah tercapai semua, salah satunya dengan adanya Parade FK yang baru diselenggarakan untuk pertama kalinya. Verren berharap melalui PKKMB Spectrum tahun ini panitia lebih bisa meningkatkan kapasitas diri dan mahasiswa baru FK UNS dapat menerapkan nilai-nilai yang telah disampaikan.

Salah satu mahasiswa baru dari program studi D3 Kebidanan, Syaehana, mengungkapkan kesan yang ia dapat selama mengikuti Spectrum. “Ya Allah, Alhamdulillah saya keterima FK. Seneng banget, terharu, pokoknya terharu, dan nggak bakal saya lupain. Ini makanannya (dari kakak asuh –red) nggak bakal saya makan buat kenang-kenangan.”

Syaehana juga menyebutkan nilai-nilai yang ia dapat dari mengikuti Spectrum seperti nilai kedisiplinan, tanggungjawab, kekompakan, dan kerjasama serta harapan agar Spectrum tahun depan dapat lebih baik lagi dari tahun ini. (BAYU/FARAH/INDRA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *