Green Campus Sebagai Penutup Spectrum, Aksi Nyata Hijaukan Lingkungan

Pelaksanaan Green Campus (dokumen panitia)

Solo – Jum’at (17/08), masih dalam rangkaian acara Pembekalan Mahasiswa Baru UNS Active Softskill Spectrum Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, program Green Campus diselenggarakan. Program ini merupakan pelaksanaan dari salah satu Surat Keputusan (SK) Rektor UNS dan sudah diadakan turun-temurun dari tahun-tahun sebelumnya. UNS sendiri merupakan universitas yang sudah terkenal sebagai Green Campus.


Acara dimulai dengan apel pagi yang dilanjutkan dengan senam. Selanjutnya, setiap kelompok mahasiswa baru diarahkan ke area-area tertentu di lingkungan Fakultas Kedokteran (FK) untuk bersih-bersih. Usai bersih-bersih, para mahasiswa baru mengunggah poster dan video dengan tema green campus, seperti kawasan anti rokok dan penghijauan, di akun instagram mereka. Poster hasil karya mahasiswa baru juga akan diunggah di laman website Pembekalan Mahasiswa Baru (PMB) UNS Active Softskill FK UNS, sementara video yang mereka buat dinilai oleh panitia untuk kemudian digunakan sebagai penentu duta-duta green campus.

Pelaksanaan Green Campus (dokumen panitia)

Kemudian, acara dilanjutkan dengan materi di ruang kuliah dan diakhiri dengan penobatan duta green campus di auditorium. Terdapat sepuluh duta yang terpilih. Penobatan duta green campus sendiri merupakan bentuk apresiasi terhadap mahasiswa baru yang diusulkan oleh dr. Paramasari Dirgahayu selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

“Para duta akan menjadi ikon bagi FK, bahwa FK mendukung porgram green campus dari universitas. Harapannya para duta dapat memberikan contoh prestasi dan menggerakkan program-program green campus ke depannya,” tutur Elang Jordan Ibrahim selaku Ketua PMB UNS Active Softskill Spectrum FK UNS.

Pelaksanaan Green Campus (dokumen panitia)

Para mahasiswa baru mengaku senang dengan keberlangsungan acara green campus sebagai penutup rangkaian Spectrum. “Seru banget bisa bertemu teman-teman dari berbagai macam daerah. Panitia juga sudah mempersiapkan acara dengan sedemikian rupa,” tutur Safira Hasna, mahasiswa baru program studi pendidikan dokter. “Karena ini hari terakhir dari rangkaian Spectrum, kelompoknya juga lagi kompak-kompaknya,” tambah Yuli Nur Indrawati dari program studi D3 kebidanan.

Selain itu, para duta green campus juga mengungkapkan kegembiraan mereka karena telah terpilih. “Kaget sih, karena awalnya cuma suka ngedit video,” ungkap Affan Rayhan Ismail, salah satu duta green campus. Ia menjelaskan bahwa isi videonya adalah ajakan untuk melakukan cara-cara nyata menjaga lingkungan seperti membawa tempat makan dan minum sendiri serta meminimalisir penggunaan styrofoam, kertas minyak, dan sedotan.

“Kalau di video saya ada jargonnya. Lingkungan hijaumu, tanggung jawabmu,” tutur Saujana Maulidina, duta green campus lainnya. (LARAS/UFA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *