Bertemu Titik Bahagia di Bertabur #3

Pada hari Sabtu (26/5) kemarin, telah dilaksanakan kegiatan BERTABUR (Berbagi Takjil di Bulan Ramadhan) yang diinisiasi oleh Kementrian Sosial Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran UNS bersama dengan Sentra Kegiatan Islam (SKI) Fakultas Kedokteran UNS. Bertabur merupakan kegiatan rutin di Bulan Ramadhan yang sudah dilaksanakan tiga tahun berturut-turut.

“Bertabur merupakan suatu ajang kegiatan sosial yang difasilitasi untuk seluruh KBM, tapi ada juga di luar FK UNS,” ujar Khurin ‘Ain selaku panitia.

Kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi dan menciptakan rasa kepedulian terhadap masyarakat umum ini didahului dengan penyediaan layanan donasi. Pengumpulan donasi berakhir dua hari sebelum kegiatan inti berlangsung. Donasi yang diberikan dapat berupa uang maupun barang.

Donasi berupa uang disalurkan dalam bentuk takjil yang dibagikan di sepuluh titik di kota Surakarta. Sepuluh titik tersebut yaitu daerah timur UNS, barat UNS, Terminal Tirtonadi, Terminal Palur, Pasar Gede, Stasiun Balapan, Masjid Agung, Singosaren, Pasar Klewer, dan kawasan Pusat Grosir Solo (PGS). Sementara itu, donasi berupa barang seperti mukena, jilbab, dan sarung disalurkan kepada yayasan panti asuhan.

“Disini kita sebagai volunteer, cuma tangan panjang dari pemberi donasi tersebut. Nah, doa dari orang-orang yang kita beri, itu nggak bisa dibayar dengan apapun. Bahagianya ketika kita memberikan amanah sesuai dengan kriteria dan mereka memberikan doa-doa baiknya ke kita lagi. Itu rasanya benar-benar nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata, karena emang sampai ke hati. Titik bahagianya di situ,” ungkap Astrid, salah satu volunteer Bertabur.


Pembagian takjil di wilayah Pasar Klewer

Sasaran pembagian 1000 kotak takjil oleh 180 volunteer adalah kepada tukang becak, tukang parkir, dan pedagang di sepuluh titik tersebut. Volunteer pembagian takjil berasal dari KBM FK UNS, dan turut meramaikan pula volunteer yang berasal dari luar KBM FK UNS. Pembagian takjil dilakukan serentak pukul 16.00.

Acara ini juga dihadiri oleh Presiden BEM FK UNS, Yogatama yang mana menurutnya ada kebanggaan tersendiri dalam berbuat kebaikan, mengingat kebaikan sejatinya harus dikejar secepat-cepatnya. “Pertama, kita benar-benar memberikan manfaat buat masyarakat. Nggak cuma sekedar buat branding berbagi seribu kotak, tapi ternyata tidak tepat sasaran, yang kita bagi bukan orang-orang membutuhkan. Kedua, harapannya teman-teman FK ketika terjun ke masyarakat nanti mendapatkan suatu ibroh. Karena pasti bapak-ibunya di sana itu punya cerita sendiri. Terakhir, kegiatan bertabur ini menjadi momen kebersamaan KBM,” tambahnya

Satu hal baru yang menjadikan acara Bertabur #3 berbeda dengan sebelumnya adalah adanya tausiyah dari Ustadz Drs. Hanifullah Syukri, M.Hum. Hiburan dari Interferon dan Psikustik juga menambah semarak rangkaian acara Bertabur #3 yang bertempat di Lobby Gedung Pendidikan Dokter FK UNS.

“Sangat mengapresiasi untuk panitia dan penyelenggaranya. Dan juga harapannya mungkin spotnya lebih diperbanyak, karena seandainya jumlah sasaran tidak sesuai dengan ekspektasi dan kriteria, maka akhirnya kita memberikan ke yang kurang sesuai dengan kriteria. Kan seharusnya amanahnya dapat tersampaikan ke orang-orang yang membutuhkan,” tutup Audina, salah satu volunteer Bertabur #3. (CINTA/FARAH/IDOS/ITSNA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *