[Mading] 5 Prodi 1 FK

      Tak ada komentar pada [Mading] 5 Prodi 1 FK

Menjadi mahasiswa adalah hal baru yang cukup menantang bagi para maba. FYI, Fakultas Kedokteran UNS memiliki 5 prodi lhooo… yakni PD (Pendidikan Dokter), Psikologi, K3, Kebidanan, dan Hiperkes. Tentu masing-masing prodi memiliki kesibukannya masing-masing yaa. Manakah prodi mu?

 

Kedokteran

Jika kamu adalah mahasiswa baru di prodi pendidikan dokter, sejak masa orientasi maru, kamu mulai diperkenalkan dengan cadaver dan memegang organ tubuh dengan tangan kosong. Tapi tenang, hal itu untuk melatih kebiasaan dan tingkat ‘peka’ mu terhadap anatomi tubuh manusia. Ujian dalam Prodi Kedokteran menggunakan sistem UB (Ujian Blok), setelah itu terdapat beberapa praktikum lab, responsi, dan lain-lain. Prodi Kedokteran memiliki himpunan tersendiri yaitu HMPD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter).

Psikologi

Bagi kalian yang diterima di Prodi Psikologi ini, siap siap untuk mempelajari dan mendalami ilmu jiwa serta bahasa-bahasa absurd kalbu ya! Mulai dari semester 1 kalian sudah dihadapkan dengan mata kuliah Filsafat Umum, Psikologi Umum, dan Antropologi. Meski begitu, memasuki semester 2, kalian akan mulai terfokus pada berbagai macam mata kuliah psikologi. Selain itu, praktikum pada Prodi Psikologi baru mulai bermunculan pada semester 4, yaitu praktikum memodifikasi perilaku mencit!

K3

Bagi kalian yang diterima di Prodi K3, siap-siap mendapatkan berbagai mata kuliah yang super kompleks! Di semester awal, kalian akan belajar hal-hal dasar dan berbagai mata kuliah dari fakultas. Di semester-semester berikutnya, mata kuliah dan praktikum dari fakultas akan berkurang dan kalian akan mulai fokus mempelajari ilmu Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Di Prodi K3, kalian akan terbiasa melakukan kunjungan perusahaan dari semester 1, melakukan praktikum pengukuran, melakukan audit dan hal-hal lainnya.

 

 

Kebidanan

Di prodi kebidanan, ada yang namanya SL (sejenis pengasahan skill bidan), untuk maba dijamin awalnya pasti akan mengalami fase bingung dan deg-degan hingga gemetaran karena ada dosen yang mantengin kamu terus hahaha. Tapi lama kelamaan akan terbiasa kok! Nah tujuannya diadakan SL ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswanya PKD di semester akhir 2, yakni Praktik Klinik Dasar se-Solo Raya.

Hiperkes

Layaknya prodi yang lain, mata kuliah pada prodi hiperkes pada awal semester merupakan dasar dan pengenalan. Memasuki semester 2 terdapat matkul yang lebih khusus seperti parasitology, fisiologi, mikrobiologi, biokimia, meskipun terdapat beberapa matkul dasar di semester 2 seperti kewirasahaan dan bahasa Indonesia. Di prodi ini pun terdapat praktikum yang dimulai sejak semester 2, terdapat pretest dan sehabis melakukan praktikum diwajibkan untuk menulis laporan dan diakhiri dengan revisi response. (/tridi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *