Archetype 2.0: Sebuah Aksi Nyata Sehat Mental

Galeri seni Archetype 2.0 di Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta (LPM Erythro/Sabrina)

Jum’at (12/10), telah berlangsung kegiatan Archetype 2.0 yang diselenggarakan oleh mahasiswa program studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS). Archetype sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan sebagai aksi nyata mahasiswa psikologi dalam merayakan Hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober. Archetype 2.0 sendiri diselenggarakan selama tiga hari dimulai dari tanggal 12 hingga 14 Oktober 2018 di Taman Budaya Jawa Tengah.

Tahun ini, Archetype hadir dengan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mengangkat tema besar “The Mental Health Agent in Digital Era”, tahun ini Archetype hadir dalam bentuk pameran psikologi.

Mikhael Jason selaku ketua penyelenggara (LPM Erythro/Indra)

“Tahun ini kita beda ya. Archetype atau acara prodi yang lain biasanya kan ngadain lomba basket, dance, atau essay. Tahun ini kita coba berani tampil beda. Jadi kemarin kita mikir kira-kira apa yang bisa menjangkau masyarakat jauh lebih dalam lagi. Setelah ngobrol dan cari sana-sini akhirnya kita berani untuk keluar dari zona nyaman kita. Kayaknya pameran psikologi aja,” ungkap Mikhael Jason selaku ketua pelaksana.

Pameran psikologi sendiri merupakan yang pertama kali dilaksanakan. Karya-karya yang ditampilkan dalam acara ini berasal dari open submission yang dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya dan mengangkat empat subtema psikologi yaitu: self, different, life time, dan national issue. Terdapat 90 karya yang ditampilkan termasuk 4 karya instalasi. Selain karya mahasiswa maupun umum, ditampilkan pula karya dari komunitas-komunitas yang bergerak di bidang kesehatan mental.

Tidak hanya pameran karya seni, terdapat pula acara lain yang diselenggarakan yaitu talkshow dan workshop dengan materi dan pembicara yang menarik. Pada hari pertama sendiri terdapat dua materi yang dibahas, yaitu “Follow Your Dreams” dengan pembicara Muhnizar Siagian M.I.Pol., Dosen Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNS, serta “Community For Better Generation” oleh Sahabat Kapas dan Anak Bawang.

Salah satu karya seni dalam Pameran Archetype 2.0 (LPM Erythro/Sabrina)

Mikhael Jason, ketua pelaksana Archetype, mengharapkan seluruh Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) FK UNS untuk bisa datang dan menghadiri acara tersebut. “Archetype sangat layak untuk diketahui seluruh KBM FK UNS. Kita sebagai sama-sama agen kesehatan, ayo datang ke sini. Karena sehat itu bukan cuma sehat fisik, tetapi juga sehat mental!” (INDRA/FARAH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *