Keluarlah dari Zona Nyamanmu dan Jadilah Punggawa Penerus Ormawa FK

Parade dan pengenalan bendera bendera Ormawa FK UNS(LPM Erythro/Anisa Y)

Pada Minggu (16/09) telah berlangsung kegiatan pengenalan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang terselenggara dalam kegiatan Expo Ormawa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) 2018. Acara yang dimulai dengan parade masing masing bendera ini mengangkat tema “Summer Trip | Be Different, Get Out of the Comfort Zone and Make Your Choice”. Total terdapat 27 ormawa, mencakup ormawa internal dan eksternal, yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan kali ini. Hal ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana expo internal dan external diadakan secara terpisah.

“Tahun ini ada yang unik karena kalau dari tahun ke tahun, biasanya expo itu dibagi menjadi dua, ada internal dan eksternal. Tetapi kalau sekarang, digabung menjadi ada internal dan juga ada eksternal, oleh karena itu sekarang ada CIMSA ada AMSA. Karena memang dari atasan FK nya sendiri yang menyuruh untuk disatukan agar lebih efektif,” imbuh Bintang dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK selaku penyelenggara.

Tak hanya mengunjungi stand-stand ormawa, mahasiswa baru angkatan 2018 juga disuguhi oleh penampilan beberapa ormawa di awal acara seperti SCARTA yang menampilkan Tari Saman, SKI yang menampilkan akustik, serta Mapala Vagus yang menampilkan simulasi bencana. Lalu setelah itu, mahasiswa baru mengelilingi seluruh stand ormawa yang ada di FK dengan membawa sertifikat yang akan diberi cap oleh masing masing ormawa yang mana akan digunakan sebagai salah satu persyaratan magang ormawa FK UNS.

Berikut merupakan daftar Organisasi Mahasiswa (Ormawa) FK UNS :

Unit Kegiatan Mahasiswa Internal :

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  2. Dewan Mahasiswa (DEMA)
  3. Himpunan Mahasiswa Program Studi Kedokteran (HMPD)
  4. Himpunan Mahasiswa Kebidanan (Himadan)
  5. Himpunan Mahasiswa Psikologi (Himapsi)
  6. Himpunan Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Himakesja)
  7. Keluarga Mahasiswa Hiperkes (KEMA Hiperkes)
  8. Cadavers FK UNS
  9. Medical Football Club (MFC)
  10. Site of Sinus Caroticus Arcus Aorta (SCARTA)
  11. Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) Vagus
  12. Kastrat de Geneeskunde
  13. Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Erythro
  14. Sentra Kegiatan Islam (SKI)
  15. Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK)
  16. Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK)

Unit Kegiatan Mahasiswa  Eksternal :

  1. Center for Indonesian Medical Student’s Activities (CIMSA)
  2. American Medical Student Association (AMSA)
  3. Medical Emergency Rescue Committe (MER-C)
  4. Lembaga Kesehatan Mahasiswa Indonesia (LKMI)
  5. Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI)
  6. Kelompok Studi Mahasiswa Islam Kedokteran (KESUMA)

Badan Semi Otonom (BSO) :

  1. Medical Volleyball Club (MVC)
  2. Medical Badminton Club (MBC)
  3. Crisis Center KBM FK UNS

Tutorial Pertolongan Pertama yang difasilitasi oleh MER-C (LPM Erythro/Firdaus F)

Menurut Mahatir, salah satu anggota dari Cadavers, ia berpendapat bahwa kegiatan ini bagus supaya mahasiswa baru dapat mengetahui minat dan bakatnya masing masing. “Ya bagus ya, biar yang maba-maba kenal UKM-nya apa aja di FK UNS. Terus sudah tahu minatnya di mana, bakatnya di mana, biar nggak nganggur aja gitu lo di kos selain kuliah biar ada kegiatan,” tambahnya. Selain itu, Cadavers yang sebelumnya menjuarai Solo Medical Cup dan Farmasi Cup ini melakukan perekrutan terlebih dahulu, mengingat adanya turnamen yang diadakan awal November sehingga mau tidak mau harus mencari bibit-bibit baru secepatnya untuk memperkuat delegasi Cadavers ke depannya.

Ketika ditanya mengenai pandangannya ke depan untuk mengikuti ormawa,  Ikhsan, mahasiswa baru dari Psikologi 2018, mengaku akan memilih SCARTA sebagai tempatnya untuk berkarya nanti. Pasalnya, ia memiliki bakat bermain gitar sejak SMA.

Salah satu stand Ormawa yaitu Himapsi yang dipresentasikan oleh Ghifari (LPM Erythro/Firdaus F)

Menurut Ghifari selaku ketua Himapsi 2018, kegiatan ini dapat dijadikan sarana untuk melihat berkumpulnya seluruh pengurus ormawa dan menyatukan internal ormawa-ormawa yang ada di FK UNS. “Hal ini juga dapat memperkenalkan mahasiswa baru untuk mengetahui apa-apa saja yang ada di FK UNS ini, dan menjelaskan bahwa di FK UNS nggak hanya belajar tapi juga berkarya dan untuk mewujudkan karya itu ya melalui ormawa-ormawa ini,” tambahnya dengan bersemangat. (Firdaus/Farah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *