GRAND OPENING SISTEMA 2017: Langkah Awal Mahasiswa Baru Mengenal Keilmiahan

Minggu (27/8), Ruang Kuliah 2 Kebidanan dipenuhi oleh mahasiswa baru dari Program Studi Hyperkes dan Kebidanan yang mengikuti kegiatan Grand Opening SISTEMA 2017. Acara ini diadakan untuk membuka rangkaian kegiatan SISTEMA 2017 yang akan berlangsung hingga bulan Oktober mendatang. Sebelumnya para mahasiswa baru telah mendapatkan sosialisasi mengenai kegiatan SISTEMA ini pada Senin (14/8) lalu. Selain itu, nantinya pada Rabu (30/8), juga akan diadakan Grand Opening SISTEMA 2017 untuk mahasiswa baru Program Studi Kedokteran, K3, dan Psikologi.

Scientific Integrative System for New Acquaintances atau yang dapat disingkat SISTEMA merupakan kegiatan penyusunan naskah Program Kreatifitas Mahasiswa Gagasan Tertulis (PKM-GT) yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru dari seluruh program studi yang ada di FK UNS. Seperti yang dituturkan oleh Ketua Umum Kastrat de Geneeskunde, Riswanda Satria Adi Prasojo, tujuan diadakannya SISTEMA adalah untuk kaderisasi sejak dini mahasiswa baru dengan mengenalkan mengenai keilmiahan. Dalam kegiatan SISTEMA ini, mahasiswa baru diarahkan untuk mengenal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh DIKTI dan diakui secara nasional. Mahasiswa baru juga dikenalkan dengan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), kelanjutan dari pembuatan PKM.

Secara resmi acara SISTEMA 2017 telah dibuka oleh dr. Dian Nugroho, perwakilan dari Klinik PKM FK UNS. Selain itu juga hadir Wakil Dekan III, Paramasari Dirgahayu, dr., PhD, yang turut memberikan motivasi bagi mahasiswa baru untuk peka dan peduli pada masalah yang ada di lingkungan sekitar agar mudah mendapatkan ide yang dapat dikembangkan. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan dua mahasiswa FK UNS yang berprestasi di bidang keilmiahan sebagai pembicara, yaitu Ayu Luh Ratri Wening dan Aninditya Verinda Putrinadia. Dimoderatori oleh Suryaningtyas Margi Utami, Kadept Ilmiah Kastrat de Geneeskunde, kedua pembicara tersebut memberikan banyak ilmu bagi mahasiswa baru mengenai keilmiahan. Hampir sama dengan yang disampaikan oleh dr. Paramasari, kedua pembicara menyampaikan pentingnya kepekaan terhadap lingkungan sekitar agar bisa mendapatkan inspirasi dari masalah yang ada.

Sabrina, salah satu mahasiswa baru yang mengikuti Grand Opening SISTEMA 2017 pada Minggu (27/8), menuturkan bahwa acara SISTEMA bisa memotivasi para mahasiswa baru untuk bisa lebih mendalami mengenai kepenulisan karya ilmiah yang baik dan bagaimana membagi waktu serta aktif berperan dalam SISTEMA. Lebih lanjut ia mengharapkan para mahasiswa bisa menghasilkan karya-karya yang bisa membawa nama UNS ke kancah nasional maupun internasional. (RUQ/KR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *