Longmarch ArtEduCare Curi Perhatian Pengunjung CFD Slamet Riyadi Solo

Longmarch oleh mahasiswa FKIP UNs

Suasana tidak biasa terlihat di depan gedung CIMB Jalan Slamet Riyadi pada hari Minggu (05/03). Sebuah rombongan longmarch terlihat memadati jalan. Namun, ada yang berbeda dari longmarch ini. Busana yang dikenakan tidaklah biasa. Mulai dari pasukan paskibraka  sampai buto warna warni dapat ditemukan di longmarch ini. Longmarch dilaksanakan sepanjang Jalan Slamet Riyadi dimulai dari depan gedung CIMB Solo.

Ketotalitasan Mahasiswa FKIP UNS dalam melakukan parade

Parade ini dilaksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret sebagai ajang promosi dan propaganda pameran ArtEduCare (AEC). Busana yang unik dan tidak biasa sengaja dikenakan, untuk menarik minat masyarakat umum.

ArtEduCare (AEC) merupakan pameran yang diselenggarakan oleh Himpunan Prodi Seni Rupa (HIMAPROSER) FKIP UNS. Pameran ini diadakan setiap tahun, dan tahun ini merupakan tahun ke-8 diselenggarakannya ArtEduCare. Namun sebenarnya, tahun ini merupakan kali ke-10 diadakannya pameran setelah sebelumnya berlangsung dengan nama yang berbeda.

ArtEduCare akan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret – 1 April 2017 mendatang di Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta.

“Diambil dari nama event ini yaitu Art (seni), Edu (pendidikan) dan Care (peduli). Melalui karya seni, diharapkan para seniman dapat mendidik dan menunjukkan rasa peduli kepada masyarakat,”  tutur Kristian Fajar, ketua ArtEduCare (AEC) ke-8, menjelaskan.

Sebelumnya, mahasiswa prodi Pendidikan Seni Rupa telah melaksanakan berbagai workshop pada berbagai golongan masyarakat untuk melatih dan meningkatkan kemampuan berkarya masyarakat secara umum. Antara lain, workshop kain perca dan sablon di salah satu kampung di Surakarta dan sebelumnya pelatihan membuat kerajinan di SLB, SD, TK, dan panti asuhan.

Acara ini didukung oleh perkumpulan seni se-Jawa. Telah dikonfirmasi, perwakilan dari Brunei dan Singapura juga akan mengikuti rangkaian acara ini. Sasaran dari acara ini merupakan masyarakat umum. Namun, lebih difokuskan pada anak-anak, karena anak merupakan awal dari pembentukan karakter suatu bangsa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *