Belajar Peduli Melalui Crisis Centre KBM FK UNS

photo credit: http://himapsi.fk.uns.ac.id/

Oleh: Hendri dan Zahra

Crisis Center KBM FK UNS merupakan sebuah wadah yang dibentuk untuk menggalang  dana atau bantuan ketika terjadi bencana, sebagai bentuk kepedulian Keluarga Besar Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS (FK UNS) terhadap bencana alam. Crisis Centre bekerjasama dengan divisi pengabdian masyarakat di kelima program studi di FK UNS untuk mengumpulkan bantuan dan  dana ketika terjadi bencana. Misalnya, baru-baru ini crisis centre mengumpulkan bantuan untuk membantu korban asap di Sumatera.

Crisis Center sudah berdiri sejak pertengahan 2014 namunbaru dapat berjalan secara optimal pada tahun 2015. “Harapan kedepannya kita bisa membawa hanya satu nama bersama, yaitu Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, selain kita mendapat nama baik bersama, insyaallah (bantuan) juga akan terakumulasi lebih banyak”  Begitu yang dikatakan presiden BEM FK , Basofi Mappakaya ketika ditanya tentang tujuan pendirian crisis centre. Crisis centre juga didirikan untuk mempererat hubungan kelima prodi, di samping menjadi sebuah bentuk pengabdian mahasiswa FK UNS pada masyarakat dan negara. Inisiasi pembentukan crisis centre di FK UNS patut diacungi jempol. Crisis centre FK UNS dapat memupuk rasa humanisme dan kepedulian di kalangan mahasiswa dan civitas akademi FK UNS. Namun, sangat disayangkan, crisis centre masih belum mempunyai fasilitas yang memadai untuk berfungsi penuh sebagai posko tanggap bencana. Crisis centre juga masih belum mendapat pengakuan dari FK UNS untuk berdiri secara legal. Selain itu, crisis centre juga belum cukup melakukan eksposure pada mahasiswa, sehingga banyak mahasiswa yang masih awam dengan keberadaan crisis centre ini.

Sebagai praktisi kesehatan yang dituntut untuk selalu siap membantu orang, kita seharusnya membangun rasa kepedulian dan menginternalisasikan rasa humanisme yang tinggi dalam diri kita. Kami berharap semoga crisis centre KBM FK UNS ini dapat menjadi lebih baik dan menjadi wadah bagi para mahasiswa dan civitas FK UNS untuk berbagi dengan masyarakat.

1 thought on “Belajar Peduli Melalui Crisis Centre KBM FK UNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *